sta batu

Sekolah Tinggi Alkitab Batu (STA Batu) telah berlangsung sejak tahun 1996 yang sebelumnya dengan nama Sekolah Alkitab Batu berdiri pada tahun 1956. Penyelenggaraan pendidikan STA Batu secara teknis dibawah pengawasan Majelis Pusat Gereja Pantekosta di Indonesia (MP GPdI). 

STA Batu berdiri atas inisiatif dari Bp. Pdt. A.H. Mandey yang  terbeban melihat terbangunnya sebuah institusi pendidikan tinggi  yang Alkitabiah dan representatif di kalangan GPdI. Maka kerinduan tersebut didukung oleh Pdt. J. S. Minandar yang saat itu menjabat sebagai Ketua Departemen Pengajaran dan Pendidikan dan Pdt. Hendrik Runtukahu yang saat itu menjabat sebagai Pengurus Harian MP GPdI dan Ketua Majelis Daerah Jawa Timur.  Maka pada tahun 2007 Pdt. A.H. Mandey yang saat itu menjabat sebagai Ketua MP GPdI menunjuk Pdt. Dr. B.Y. Tambuwun, M.Th. sebagai Ketua STA Batu, dan pada awal tahun 2015 Pdt. Dr. Noch Mandey, M.Th. diangkat sebagai Ketua STA Batu menggantikan Ketua sebelumnya. 

Dalam kepemimpinan Pdt. Dr. Noch Mandey, M.Th. STA Batu mengalami perkembangan yang cukup baik. Namun tidak hanya berhenti disitu, dengan visi Beliau untuk dapat memberikan fasilitas terbaik dalam proses pendidikan kepada Hamba-Hamba Tuhan GPdI khususnya dan STA Batu bisa berkembang dengan lebih lagi, maka Beliau menyampaikan kerinduan tersebut kepada Bp. Pdt. A. H. Mandey sebagai pendiri STA Batu. Bp. Pdt. A.H. Mandey memberikan persetujuan dan kepercayaan penuh agar STA Batu dapat dikelola secara mandiri dan profesional kepada Bp. Pdt. Dr. Noch Mandey, M.Th. Menindak lanjuti kepercayaan yang diberikan dan guna melengkapi sarana prasana kampus STA Batu maka Bp. Pdt. Dr. Noch Mandey, M.Th. mendirikan Yayasan yang akan menjadi Badan Penyelenggara STA Batu. 

Dalam proses pembentukan Yayasan, Bp. Pdt. Dr. Noch Mandey, M.Th. dipanggil Tuhan pada tanggal 21 Januari 2021. Namun proses yang berjalan tidak berhenti, Istri dan anak Beliau melanjutkan cita – cita tersebut dan akhirnya pada tanggal 5 April 2021 Yayasan Setia Tekuan Adil Berkarakter (STAB) mendapatkan pengesahan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dengan No. SK : AHU-0009433.AH.01.04.Tahun2021. 

Berdasarkan Akta Pendirian Yayasan yang telah disahkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dan berdasarkan Undang – Undang Pendidikan yang berlaku maka Yayasan Setia Tekun Adil Berkarakter (STAB) mengangkat Bp. Pdt. Yonathan Paulus Maluw, S.H., M.Pd.K. sebagai Ketua Sekolah Tinggi Alkitab Batu Periode 2021 – 2026.

Dengan Motto STA Batu “in my left hand is paper, in my right hand is power”. STA Batu mengadakan perkuliahan dengan materi yang mengacu pada kurikulum yang ditetapkan Kementrian Agama RI dengan muatan institusional nilai – nilai Pantekosta. Penekanan pada semangat ‘back to basic’ Pantekosta, yaitu pekerjaan Kuasa Roh Kudus yang fenomenal. Dengan demikian diharapkan STA Batu mampu menghasilkan intelektual Pantekosta yang berintegritas, berdedikasi tinggi dan beridentitas Pantekosta.


SEKOLAH TINGGI ALKITAB BATU

Jl. Ir. Sukarno No. 106, Desa Beji, Kec. Junrejo
Kota WIsta Batu

VISI

Menjadi institusi pendidikan Kristen berkualitas dalam menghasilkan lulusan yang cerdas, terampil dan berkarakter Kristus bagi pelayanan kepada masyarakat.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan stratum satu dan program pascasarjana yang berkualitas dan relevan dengan situasi dan kebutuhan gereja serta masyarakat di Indonesia.
  2. Memperlengkapi mahasiswa untuk menjadi peneliti yang kompeten dalam bidang ilmunya.
  3. Melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di bidang teologi dalam berbagai kegiatan yaitu, memberikan seminar, dan berbagai kegiatan sosial yang melibatkan dosen, mahasiswa dan alumni.